Ukuran Tinggi Ring Basket Standar Perbasi Indonesia, FIBA, NBA, FIBA 3x3, dan Pemain Basket Junior

Olahraga bola basket ataupun disebut juga dengan basketball merupakan salah satu olahraga yang sangat populer di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Popularitasnya hanya kalah dengan sepakbola. Sementara di Indonesia, meski cukup dikenal, namun masih kalah populer dibandingkan sepakbola, bulutangkis dan bola voli.


Olahraga bola basket memiliki aturan yang sangat ketat dan spesifik, termasuk mengenai ukuran tinggi ring basket. Ukuran tinggi ring basket adalah salah satu aspek penting dalam permainan basket, karena tinggi ring basket yang berbeda akan mempengaruhi cara bermain dan strategi tim dalam memenangkan pertandingan. 

Ukuran Tinggi Ring Basket Standar Perbasi Indonesia, FIBA, NBA

Secara internasional, tinggi ring basket diatur oleh FIBA, federasi bola basket internasional. Selanjutnya akan dibahas apakah ada perbedaan ketinggian ring basket di Indonesia, FIBA, dan NBA,  maupun  kelompok umur. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara rinci mengenai ukuran tinggi ring basket standar Indonesia, FIBA, dan NBA serta alasan perbedaan tinggi tersebut.


Ukuran Tinggi Ring Basket

Ukuran Tinggi Ring Basket Standar Perbasi Indonesia

Pengaturan tinggi ring basket di Indonesia mengacu pada aturan perbasi (Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia). Ukuran tinggi ring basket standar yang digunakan adalah 3,05 meter atau sekitar 10 kaki. Tinggi ini biasanya digunakan untuk pertandingan basket antar-sekolah, liga basket lokal, dan turnamen basket amatir di Indonesia. Tinggi ring basket standar Indonesia ini mengiktu standar peraturan yang dikeluarkan oleh federasi bola basket internasional, FIBA.

BACA JUGA :

Ukuran Tinggi Ring Basket Standar FIBA

FIBA (Fédération Internationale de Basketball), adalah federasi olahraga bola basket internasional yang bertanggung jawab atas regulasi dan pengaturan olahraga basket di seluruh dunia. FIBA menetapkan tinggi ring basket standar sebesar 3,05 meter atau 10 kaki, yang diadopsi oleh Perbasi di Indonesia. Selain tinggi ring basket, FIBA juga menetapkan ukuran lainnya, seperti lebar lapangan, jarak antara garis tiga poin dan garis tepi lapangan, serta ukuran bola basket yang digunakan.

Sebagaimana diketahui tinggi ring ini sebenarnya terjadi secara kebetulan ketika pertama kali James Naismith menggantungkan ring sementara yang terbuat dari keranjang buah persik. Ring itu digantung di lorong balkon gedung olahraga YMCA, yang kebetulan tingginya adalah 3,05 meter atau 10 kaki.


Ukuran Tinggi Ring Basket Standar NBA

NBA (National Basketball Association) adalah liga basket profesional di Amerika Utara. Disebut di Amerika Utara, karena diikuti oleh klub basket dari Amerika Serikat dan Kanada.  Ukuran tinggi ring basket standar NBA sama dengan FIBA dan Indonesia. Tinggi ring basket NBA adalah 3,05 meter atau 10 kaki. 

NBA pernah menggunakan tinggi ring basket 12 kaki atau 3,66 meter, namun sejak 1954, semua dibuat seragam menjadi 10 kaki atau 3,05 meter. 

Meski tinggi ring basket sama, NBA juga menetapkan ukuran lainnya yang kebetulan berbeda seperti ukuran lapangan, dan beberapa aturan permainan seperti lama permainan, jeda antara kuarter, dan shotclock.

Alasan NBA mempunya lapangan yang agak sedikit berbeda erat kaitannya dengan jumlah skor yang diharapkan lebih banyak. Olahraga dengan skor kecil tidak cukup populer di Amerika Utara.

Ukuran Tinggi Ring Basket FIBA 3x3

Selain pertandingan basket 5 lawan 5, FIBA juga mengeluarkan aturan untuk pertandingan basket 3 lawan 3 yang biasa disebut 3x3 (dulu 3 on 3).  Tinggi ring basket untuk pertandingan ini adalah 3,05 meter atau 10 kaki. Perbedaan dengan pertandingan basket biasa ada pada ukuran lapangan, durasi pertandingan, beberapa aturan pertandingan, jumlah tiang, dan jumlah pemain.

Ukuran Tinggi Ring Basket untuk Level Junior

Tinggi ring basket yang dijabarkan sebelumnya berlaku untuk level profesional maupun amaatir. Sementara untuk kelompok umur atau junior, bisa berbeda beda.

Ukuran tinggi ringi basket untuk level junior Versi American Sport Education Program (ASEP)

  • Tinggi 182,88 cm (6 kaki) untuk kelas TK, 1, dan 2;
  • Tinggi ring basket 243,84 cm ( 8 kaki) untuk kelas 3 dan 4 (anak usia 8 hingga 10 tahun);
  • Tinggi ring basket 274,32 cm ( 9 kaki) untuk siswa kelas 5
  • Tinggi ring basket 305 cm (10 kaki) untuk kelas 6 ke atas. Sepuluh kaki adalah tujuan sebagian besar anak-anak internasional dan Amerika, terutama setelah mereka masuk sekolah menengah.

Tinggi  ring basket untuk anak
Tinggi  ring basket untuk anak . Sumber gambar : NBA

 

Ukuran tinggi ringi basket untuk level junior Versi Jr. NBA

  • Tinggi ring basket 243,84 cm (8 kaki) untuk usia 7 s/d 8 tahun dengan bola basket ukuran 5
  • Tinggi ring basket 274,32 cm (9 kaki) untuk usia 9 s/d 11 tahun dengan bola basket ukuran 6.
  • Lebih dari 12 tahun, menggunakan tinggi ring basket 3,05 meter (10 kaki), namun ada perbedaan di ukuran lapangan dan aturan zona lapangan.

Ukuran tinggi ringi basket untuk level junior Versi FIBA

FIBA juga mengeluarkan panduan untuk latihan dan peralatan untuk pemain basket junior. Panduan ini disusun dalam dokumen MINI BASKETBALL. Jika Anda membutuhkan panduan ini bisa mengikuti ini, karena Perbasi tentu saja mengadopsi aturan dari FIBA.

  • Tinggi ring basket 260 cm) untuk usia di bawah 11 tahun
  • Tinggi ring basket 305 cm untuk usia  11 tahun ke atas
  • Tinggi ring basket 182,88 s/d 243,84 (6 kaki s/d 8 kaki)  untuk pelatihan untuk usia 5 s/d 7 tahun.

Penutup

Di Indonesia, standar tinggi ring basket yang digunakan untuk pertandingan amatir dan profesional adalah 3,05 meter atau sekitar 10 kaki, sama dengan standar FIBA, NBA dan juga 3x3.

Selain itu, ada juga standar tinggi ring basket yang berbeda untuk level junior. Tinggi ring basket untuk level junior di Indonesia adalah 2,6 meter atau sekitar 8,5 kaki, sedangkan FIBA menetapkan tinggi ring basket yang sama dengan standar Indonesia. NBA tidak memiliki standar khusus untuk tinggi ring basket pada level junior.

Dalam permainan basket, penting untuk memahami standar tinggi ring basket yang berlaku agar dapat mempersiapkan diri dengan baik sebelum bermain. Terutama untuk pemain muda, diharapkan menyesuaikan tinggi ring basket, sehingga mereka bisa merasakan kegembiraan saat melakukanolahraga permainan bola basket. Semoga artikel ini dapat membantu Anda memahami lebih lanjut mengenai ukuran tinggi ring basket standar Indonesia, FIBA, NBA, dan kelompok usia muda (junior).

© Copyright 2024 RING BASKET | BOLA BASKET - All Rights Reserved