Ukuran Ring Basket Standar Standar FIBA, NBA, IBL, 3x3 dan Junior

Olahraga bola baket merupakan salah satu olahraga yang populer di seluruh dunia. Salah satu komponen terpenting dalam permainan ini adalah ring basket. Ukuran standar ring basket telah ditetapkan oleh badan pengatur bola basket internasional, seperti FIBA (Federation Internationale de Basketball). Berikut adalah penjelasan mengenai ukuran standar ring basket yang digunakan dalam berbagai kompetisi.

Diameter Ring Basket

Ukuran diameter ring basket adalah salah satu aspek terpenting yang harus diperhatikan. Menurut standar internasional, diameter ring basket adalah 45 cm atau 18 inci. Ukuran ini berlaku secara universal baik di kompetisi amatir maupun profesional. Bagi pemain basket usia 12 tahun ke bawah, ukuran ring basketnya juga sama. Yang berbeda hanyalah ukuran bola basketnya saja.

diameter ring basket standar
Ukuran ring basket standar



BACA JUGA : 4 JENIS RING BASKET / RIM YANG BANYAK DIJUAL

Ketentuan Ring Basket Menurut FIBA

Sesuai ketentuan appendix Peralatan Olahraga Bola Basket oleh FIBA tahun 2020, ketentuan untuk ring basket sebagai berikut :

  • Terbuat dari besi padat diameter 16 mm s/d 20 mm
  • Berukuran diameter dalam minimum 450 mm
  • cat dengan warna orange
  • Pada bagian sisi terdapat hook/cantolan untuk menggantung jaring ring basket.  Terdapat 12 titik gantungan.
  • Ring dibuat posisi fixed pada papan pantul.
  • Bagian Mounting Pad berjarak 151-153 mm dari ring bagian luar.
  • Terdapat 4 pcs baut diameter 12 mm untuk mengikat ring pada papan pantul

 

Tinggi Ring Basket

Tinggi ring basket dari permukaan lapangan adalah 3,05 meter atau 10 kaki. Tinggi ini telah diadopsi oleh semua liga profesional di seluruh dunia, termasuk NBA, IBL, dan Euroliga. Tinggi standar ini ditetapkan agar permainan tetap konsisten dan menantang bagi pemain di semua level kompetisi. Untuk usia di bawah 12 tahun, FIBA memberikan panduan yang berbeda supaya tetap menantang namun tidak terlalu sulit. Untuk pengaturan tinggi ring basket usia 12 tahun bisa dilihat artikel  Tinggi Ring Basket Anak Dan Papan Pantul Versi Mini-Basketball FIBA


Jaring (Net) pada Ring Basket

Jaring pada ring basket biasanya terbuat dari bahan nilon atau polyester yang kuat. Panjang jaring sekitar 40-45 cm. Jaring ini berfungsi untuk memperlambat laju bola setelah masuk ke dalam ring, sehingga memudahkan wasit dan penonton untuk melihat apakah bola berhasil masuk ke dalam ring. Sementara untuk penggunaan latihan atau pribadi ada pula yang menggunakan jaring dari rantai logam. 

Ketentuan jaring

  • Bisa dilepas dari ring
  • Diameter tidak kurang 400 mm, dan panjang tidak kurang dari 450 mm
  • Punya 12 cantolan untuk dilekatkan pada ring


Backboard (Papan Pantul basket)

Backboard atau papan pantul yang terpasang di belakang ring basket memiliki ukuran standar yaitu 1,80 meter (180 cm) lebar dan 1,05 meter (105 cm) tinggi. Papan pantul ini biasanya terbuat dari bahan kaca tempered atau akrilik yang kuat dan tahan lama. Ukuran ini memastikan bahwa pemain memiliki target yang konsisten untuk melakukan tembakan. Sementara jika Anda membutuhkan pengaturan papan pantul basket untuk permainan basket usia 12 tahun ke bawah, bisa melihat artikel  Tinggi Ring Basket Anak Dan Papan Pantul Versi Mini-Basketball FIBA

BACA JUGA : Papan Pantul Basket Sesuai Standar FIBA dan PERBASI


Posisi Ring Terhadap Backboard

ukuran papan pantul basket dan ring

 Ring basket dipasang dengan posisi bagian dalam ring berjarak 15 cm dari papan pantul. Jarak ini memastikan bahwa bola dapat memantul dengan benar dari papan pantul ke ring, memberikan kesempatan yang adil bagi pemain untuk mencetak poin melalui kotak target (bank shot). Jarak dari bagian teratar ring ke bagian terbawah papan pantula adalah 15 cm.

Penutup

Ukuran standar ring basket adalah elemen penting yang memastikan permainan basket berlangsung dengan adil dan konsisten di seluruh dunia. Dengan mengikuti standar yang telah ditetapkan oleh badan pengatur bola basket internasional, pemain dapat bermain dan berkompetisi dengan kondisi yang sama di berbagai level dan lokasi. Semoga informasi ini dapat menambah pemahaman Anda mengenai ukuran standar ring basket dan membantu dalam menikmati permainan bola basket dengan lebih baik.

Butuh Ring Basket Portabel ?  

 

© Copyright 2024 RING BASKET | BOLA BASKET - All Rights Reserved