Jumlah Pemain Bola Basket Dalam 1 Tim dan Nama Posisi Setiap Pemain

Olahraga basket merupakan permainan bola besar yang mempertandingkan dua tim basket yang keduanya akan  saling merebut bola dari lawan untuk dimasukkan ke dalam ring lawan untuk mencapai kemenangan. Setiap tim basket disisi oleh beberapa pemain, dan pemain cadanga. Para pemain yang telah terpilih untuk berlaga dilapangan memiliki posisi dan tugasnya masing-masing yang berbeda.

Jumlah Pemain Dalam Satu Tim Bola Basket

Dalam permainan bola basket, setiap tim terdiri dari lima pemain yang berada di lapangan selama pertandingan. Kelima pemain ini memiliki peran dan posisi yang berbeda-beda sesuai dengan strategi yang diterapkan oleh tim.

Selain lima pemain utama, tim biasanya memiliki beberapa pemain cadangan yang siap menggantikan pemain utama kapan saja diperlukan.

Jumlah pemain cadangan bervariasi tergantung pada level kompetisi, namun umumnya sebuah tim bola basket profesional memiliki sekitar 7-10 pemain cadangan.

jumlah pemain bola basket

 

Sedangkan menurut aturan FIBA, setiap tim terdiri dari 12 orang pemain sudah termasuk kapten. Sehingga bisa dibilang menurut standar FIBA, ada 5 orang pemain inti dan 7 orang pemain cadangan.

Kapan pemain bangku cadangan bisa masuk ke dalam permainan

Proses umum kapan seorang pemain bangku cadangan bisa masuk ke dalam permainan terjadi ketika staf pelatih memanggil mereka dari bangku cadangan untuk menjadi pemain pengganti, ketika pemain bangku cadangan berpindah ke meja pencetak gol, dan ketika wasit memberi isyarat agar mereka ikut berpartisipasi. pemain dalam permainan.

1. Pelatih memanggil pemain pengganti
Pertama, staf pelatih, dan terlebih lagi, pelatih kepala, memanggil pemain cadangan dan menyuruh mereka menjadi pemain pengganti untuk salah satu dari lima pemain yang sudah bermain dalam permainan tersebut.

2. Pemain bangku cadangan berpindah ke meja pencatat skor

Selanjutnya, pemain bangku cadangan meninggalkan area bangku cadangan dan bergerak menuju meja pencatat skor yang berdekatan, yang juga berada di pinggir lapangan di tengah lapangan antara dua area bangku cadangan kedua tim.

Selain itu, pemain bangku cadangan kemungkinan besar harus memberi tahu petugas yang bertugas tentang pemain yang akan mereka gantikan di lapangan.

Selain itu, sebagai catatan tambahan, pencatatan pertandingan bola basket  menampilkan setidaknya satu pencatat skor, setidaknya satu pengatur waktu yang mengatur jam permainan (dan mungkin pengatur waktu lain yang mengatur jam pengambilan gambar jika diperlukan), serta ahli statistik potensial lainnya yang mencatat berbagai aspek dalam permainan.

3. Wasit memberi isyarat kepada pemain cadangan untuk memulai permainan
Setelah pemain berpindah ke meja pencatat, permainan berlanjut hingga permainan terhenti seperti ketika seorang pemain di lapangan melakukan pelanggaran terhadap pemain lawan.
Setelah permainan dihentikan, terutama melalui peluit, wasit kemudian akan memberi isyarat kepada pemain bangku cadangan untuk ikut bermain, biasanya dengan isyarat tangan.
Dari situ biasanya anggota petugas pertandingan akan membunyikan isyarat yang menandakan sedang berlangsung pergantian pemain. 

 

Daftar Posisi Dalam Basket Beserta Tugasnya Masing-Masing

Posisi Dalam Olahraga Basket

Dikutip dari Jr NBA, jumlah dan posisi pemain basket terdiri dari lima diantaranya, point guard, center, power forward, small forward, dan shooting guard. Berikut penjelasannya.

Point Guard

Posisi Point Guard Dalam Basket

Pemain yang mengisi posisi point guard merupakan posisi yang biasanya ditempati pemain yang memiliki postur paling pendek dalam tim dan juga memiliki kemampuan menggiring bola dan mengumpan yang luar biasa. Dalam permainan bola basket, pemain yang berposisi sebagai point guard bertugas untuk dijadikan sebagai playmaker atau pemain yang mengatur serangan dalam sebuah tim.

Selain itu, ketika dalam posisi bertahan, point guard memiliki tugas untuk mencuri bola dari lawan.

Center

posisi pemain basket

Pemain yang mengisi posisi ini biasanya memiliki tubuh yang paling tinggi dan kuat dalam tim, pemain tesebut diposisikan dibawah ring. Dia juga berfungsi sebagai garis pertahanan terakhir.Salah satu kemampuan yang wajib dimiliki oleh center adalah memanfaatkan punggungnya untuk menghalangi lawan dan menangkap bola pantul yang tidak masuk ke dalam ring. Dengan posturnya yang tinggi dan besar, center bertugas untuk menghalangi lawan ketika ingin mencetak poin

Power Forward

posisi pemain basket

Sama seperti center, posisi power forward juga biasanya diisi oleh seseorang yang memiliki tubuh yang paling tinggi dan kuat dalam tim. Salah satu tugas utama power forward yaitu menangkap bola yang memantul dari ring baik dalam keadaan bertahan maupun menyerang. Dibandingkan dengan small forward, seorang power forward akan banyak bergerak di dekat (bawah) ring untuk menembak dari jarak dekat atau memaksa lawan membuat pelanggaran (foul) atas dirinya.

Small Forward

Pengertian Small Forward

Pemain small forward biasanya ditempati oleh pemain yang memiliki kemampuan satu lawan satu (one-on-one) berhadapan dengan pemain lawan. Pemain yang mengisi posisi ini juga harus bermain secara agresif, kuat, lincah, dan memiliki keahlian yang baik dalam dribble atau menggiring bola dengan baik. 

Baca Juga :

Untuk mengembangkan keterampilan dari small forward, dapat dengan berlatih mengontrol bola, menembak, mengumpan, membuat ruang, permainan Post-Up, pertahanan, pertahanan Pick & Roll, menggiring bola, dan finishing.

Shooting Guard

posisi pemain basket Shooting Guard

Pemain yang menempati posisi ini biasanya memiliki skill menembak yang sangat baik. Selain dapat menembak dengan baik, seorang shooting guard juga harus pandai menggiring bola dengan cepat, passing dan memiliki visi lapangan yang baik. Meski ukuran tubuhnya bukan yang terbesar, seorang shooting guard yang baik akan menjadi ancaman bagi lawannya karena seorang shooting guard memiliki kreativitas dan kemampuan menembak yang baik dari berbagai posisi.

© Copyright 2024 RING BASKET | BOLA BASKET - All Rights Reserved