7 Macam Seni Bela Diri Di Indonesia Yang Menarik Dicoba

 Bela diri merupakan salah satu bentuk olahraga pertahanan diri yang sudah dikenal sejak zaman dahulu. Di Indonesia, bela diri juga merupakan bagian dari kekayaan budaya dan kesenian yang dimiliki. Terdapat berbagai jenis seni bela diri asli Indonesia yang memiliki ciri khas dan kehebatannya masing-masing. Selain sebagai bentuk pertahanan diri, seni bela diri juga diajarkan sebagai pengolahan tubuh dan olah batin. Oleh karena itu, berikut merupakan beberapa seni bela diri asli Indonesia. Berikut pembahasannya.

Pencak Silat

seni-bela-diri-indonesia-pencak-silat

Pencak silat merupakan jenis olahraga bela diri asal Indonesia yang paling populer. Bela diri ini berasal dari budaya suku Melayu dan sudah ada sejak tahun 1550. Pencak Silat ditakuti oleh berbagai negara karena penggunaan kekuatan batin yang ditunjukkan dengan atraksi kekebalan tubuh. Oleh karena itu, pencak silat juga digunakan pada sistem pendidikan kepolisian, kopassus, dan juga TNI.

Tarung Derajat

seni-bela-diri-indonesia-tarung-derajat

Tarung derajat merupakan olahraga bela diri yang berasal dari Sunda. Olahraga ini mengajarkan teknik-teknik bela diri yang efektif untuk melawan musuh. Tarung Derajat juga mengajarkan etika dan moral dalam bertarung.

Merpati Putih

seni-bela-diri-indonesia-merpati-putih

Merpati putih merupakan salah satu perguruan silat di Indonesia yang mengajarkan anggotanya seni bela diri tangan kosong. Merpati Putih konon telah berkembang sejak sekitar tahun 1550-an dan disebut sebagai salah satu ilmu bela diri yang termasuk kategori budaya tanah air Indonesia.

Silek Minangkabau

seni-bela-diri-indonesia-silek-minangkabau

Silek minangkabau merupakan olahraga beladiri yang berasal dari Minangkabau. Orang Minangkabau dikenal dengan kebiasaan merantau, sehingga Silek Minangkabau tersebar ke berbagai daerah di Indonesia. Olahraga ini mengajarkan teknik-teknik bela diri yang efektif untuk melawan musuh.

Cimande

seni-bela-diri-indonesia-cimande

Cimande adalah salah satu aliran pencak silat tertua yang telah melahirkan berbagai perguruan silat di Indonesia bahkan di luar negeri. Cimande merupakan jenis olahraga bela diri yang pertama kali diciptakan oleh seorang Kyai bernama Mbah Kahir. Olahraga bela diri ini sudah dikenal di Indonesia sejak tahun 1760-an. Cimande ini dikenal dengan teknik-teknik bela diri yang sederhana dan efektif.

Perisai Diri

seni-bela-diri-indonesia-perisai-diri

Perisai diri merupakan satu di antara organisasi olahraga bela diri yang menjadi anggota IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia), induk organisasi resmi pencak silat di Indonesia di bawah KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia). Perisai Diri menjadi satu di antara sepuluh perguruan silat yang mendapat predikat perguruan historis karena mempunyai peran besar dalam sejarah terbentuk dan berkembangnya IPSI.

Bakti Negara

seni-bela-diri-indonesia-bakti-negara

Bakti negara merupakan bela diri tradisional Indonesia yang berakar pada pencak silat dari tanah Jawa seperti Cikaret, Cikalong, dan Sitembak. Dalam perkembangannya, unsur-unsur Bali teramu kental sehingga memiliki ciri khas tersendiri yang agak berbeda dengan akarnya

© Copyright 2023 RING BASKET | BOLA BASKET - All Rights Reserved