Mengenal Workout : Arti, Contoh Gerakan, Dan Manfaat

 Akhir-akhir ini, semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Dalam olahraga, terdapat sebuah istilah yang bernama workout. Namun apasih sebenarnya workout itu?.  Apakah olahraga dan workout itu adalah hal yang sama?. Artikel kali ini akan mengenal lebih dekat tentang apa itu workout. Berikut pembahasannya.

Pengertian Workout

Workout adalah istilah untuk aktivitas fisik yang dilakukan oleh seseorang untuk meningkatkan atau memelihara kebugaran tubuh. Workout dapat dilakukan di mana saja, baik di gym maupun di luar ruangan seperti di taman atau fasilitas umum.

Dalam melakukan workout, setiap orang memiliki tujuan yang berbeda-beda, namun kebanyakan dari mereka menginginkan untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan ideal. Oleh karena itu, workout menjadi gaya hidup baru bagi kebanyakan orang, terutama para milenial.

Jadi, perbedaan antara workout dan olahraga adalah pada tujuannya. Olahraga dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan dalam suatu permainan atau kompetisi sedangkan workout dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kebugaran tubuh secara umum. Olahraga biasanya dilakukan dalam bentuk permainan atau kompetisi sedangkan workout biasanya dilakukan secara individual atau dalam kelompok kecil dan dapat dilakukan di gym atau di rumah.

Gerakan Workout Dapat Dilakukan Di Rumah

Terdapat berbagai jenis gerakan workout yang dapat dilakukan di rumah diantaranya adalah.

Squat

workout-squat

Squat adalah gerakan yang melibatkan otot paha dan bokong. Untuk melakukan squat, berdirilah dengan kaki selebar bahu dan lakukan gerakan menekuk lutut hingga paha sejajar dengan lantai. Kemudian, kembali ke posisi awal dengan menekan tumit ke lantai.

Push Up

Push up adalah gerakan yang melibatkan otot dada, trisep, dan bahu. Untuk melakukan push-up, berbaringlah dengan posisi telungkup dan letakkan tangan di bawah bahu. Kemudian, dorong tubuh ke atas dengan tangan hingga lengan lurus dan kembali ke posisi awal.

Sit Up

workout-sit-up

Sit up adalah gerakan yang melibatkan otot perut. Untuk melakukan sit-up, berbaringlah dengan posisi telentang dan tekuk lutut. Kemudian, angkat tubuh hingga duduk tegak dan kembali ke posisi awal.

Plank

Plank adalah gerakan yang melibatkan otot perut, punggung, dan bahu. Untuk melakukan plank, berbaringlah dengan posisi telentang dan angkat tubuh dengan tangan dan kaki sebagai penopang. Pertahankan posisi ini selama beberapa detik.

Lunges

workout-lunges

Lunges adalah serakan yang melibatkan otot paha dan bokong. Untuk melakukan lunges, berdirilah dengan kaki selebar bahu dan lakukan gerakan melangkah ke depan dengan satu kaki hingga lutut membentuk sudut 90 derajat. Kemudian, kembali ke posisi awal dan lakukan gerakan yang sama dengan kaki lainnya.

Burpee

Burpee adalah gerakan yang melibatkan otot seluruh tubuh. Untuk melakukan burpee, mulailah dengan posisi berdiri dan lakukan gerakan squat. Kemudian, letakkan tangan di lantai dan lakukan gerakan melompat ke belakang hingga tubuh membentuk posisi push-up. Kemudian, lakukan gerakan push-up dan kembali ke posisi squat. Akhiri gerakan dengan melompat ke atas dan kembali ke posisi berdiri.

Baca Juga :

Mountain Climber

workout-mountain-climber

Mountain climber adalah gerakan yang melibatkan otot perut, paha, dan bahu. Untuk melakukan mountain climber, berbaringlah dengan posisi push-up dan tekuk lutut hingga kaki mendekati dada. Kemudian, ganti posisi kaki dengan gerakan cepat seperti sedang mendaki gunung.

Manfaat Workout

manfaat-workout

Dengan melakukan workout secara rutin, tentu akan mendapatkan manfaat untuk tubuh diantaranya adalah.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Workout secara teratur dapat meningkatkan kesehatan jantung Anda. Saat Anda berolahraga, jantung Anda bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Ini membantu memperkuat jantung Anda, meningkatkan kapasitas kardiorespirasi, dan mengurangi risiko penyakit jantung seperti penyakit arteri koroner.

Meningkatkan Kekuatan Otot

Melalui latihan fisik, Anda dapat memperkuat otot-otot Anda. Ketika Anda melatih otot-otot secara konsisten, mereka menjadi lebih kuat dan lebih tahan terhadap tekanan. Hal ini dapat meningkatkan kemampuan fisik Anda dalam berbagai aktivitas sehari-hari.

Mengontrol Berat Badan

Workout membakar kalori, yang dapat membantu Anda mengendalikan berat badan Anda atau mencapai berat badan yang sehat. Dengan menggabungkan workout dengan diet yang seimbang, Anda dapat mencapai tujuan berat badan Anda.

Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

Melakukan workout secara teratur dapat membantu mengurangi risiko terkena berbagai penyakit kronis. Ini termasuk diabetes tipe 2, osteoporosis, dan beberapa jenis kanker. Aktivitas fisik dapat membantu mengatur kadar gula darah, memperkuat tulang, dan mengurangi peradangan dalam tubuh.

Meningkatkan Mood

Saat Anda berolahraga, tubuh Anda melepaskan endorfin, yang dikenal sebagai hormon kebahagiaan. Endorfin ini dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan suasana hati, dan mengurangi risiko depresi. Workout juga dapat memberikan waktu untuk relaksasi dan penghilangan stres.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Orang yang berolahraga secara teratur cenderung memiliki tidur yang lebih baik. Aktivitas fisik membantu tubuh dan pikiran untuk bersantai, sehingga Anda tidur lebih nyenyak dan bangun dengan perasaan segar.

Meningkatkan Energi

Meskipun mungkin terasa melelahkan selama workout, secara keseluruhan workout dapat meningkatkan tingkat energi Anda dalam jangka panjang. Ini karena aktivitas fisik membantu meningkatkan sirkulasi darah yang memungkinkan oksigen lebih efisien disalurkan ke seluruh tubuh.

© Copyright 2023 RING BASKET | BOLA BASKET - All Rights Reserved