Mengenal Olahraga Baru Asal Indonesia Fullball Yang Semakin Populer

Fullball adalah olahraga baru asal Indonesia yang menggabungkan elemen-elemen dari tiga olahraga populer, yaitu futsal, basket, dan sepak bola. Sama halnya dengan olahraga basket, olahraga fullball dimainkan oleh 2 tim yang terdiri dari 5 orang dimasing masing timnya. Dalam kompetisi resmi, setiap tim harus terdiri dari minimal 7 hingga 12 anggota tim yang berhak bermain (termasuk kapten), pelatih kepala, dan maksimal 8 orang delegasi pendamping, seperti asisten pelatih, medis.

Sebuah tim tidak dibatasi untuk melakukan pergantian pemain, asalkan melapor ke petugas meja lapangan dan pemain pengganti dapat bermain setelah dipanggil masuk oleh wasit. Olahraga ini ditemukan oleh Rizky Arief Dwi Prakoso, Imam, Timothy, Ari, dan Ilham. Olahraga ini dihitung berbasis poin serta competitive team play. Beberapa waktu lalu, olahraga fullball mulai banyak peminatnya hingga menjadi sebuah pertandingan antarkampus di Taiwan. Dikutip dari officialfullball.com berikut merupakan informasi lengkap mengenai Fullball.

Perlengkapan Fullball

Untuk bisa memainkan Fullball, dibutuhkan Perlengkapan berikut:

Target Bola Penuh : Sebuah tiang yang dipasangkan di atas mistar gawang. Jika berhasil memasukkan bola ke target akan mendapatkan 2 poin jika menggunakan lemparan, dan 3 poin jika menggunakan tendangan.

Bola Fullball : Bola dengan karakteristik yang memantul, ringan, dan tidak sakit jika dipantulkan dengan kuat ke tubuh pemain. Ukuran bola 5, mendekati bentuk pola bola voli.

Cara Mencetak Poin

Dalam Fullball, terdapat 2 cara untuk mencetak poin yaitu, dengan menendang bola ke gawang atau mengenai target dari luar hand zone atau melempar bola mengenai target.

Perhitungan poin

Dalam permainan Fullball terdapat 3 jenis poin:

  1. 2 poin diberikan jika pemain melempar bola mengenai target lawan
  2. 2 poin diberikan jika pemain menendang bola ke gawang lawan dari luar hand zone
  3. 3 poin diberikan jika pemain menendang bola dan mengenai target lawan dari luar hand zone

Lapangan

Lapangan Fullball
Sumber Foto : officialfullball.com

Ketentuan lapangan yang sesuai untuk permainan Fullball:

  1. Rata, halus, tidak ada hambatan untuk memantulkan bola
  2. Bisa menggunakan lapangan futsal atau lapangan basket (yang ada gawangnya, biasanya gabungan futsal dan basket dalam 1 lapangan yang sama)
  3. Garis hand zone dengan radius 7 meter dari mulut gawang
  4. Garis zona merah dengan jarak 1 meter dari mulut gawang
  5. Dipasangkan "target" di tengah mistar kedua gawang

Posisi Pemain

Terdapat 4 posisi pemain dalam Fullball:

  1. Hustler : Penjaga gawang dan target. Hustler ibarat ratu dalam catur, dapat bergerak kemana saja. Hustler satu-satunya posisi yang berhak secara eksklusif menguasai zona merah.
  2. Midlane : Berada di depan hustler. Tugas utama untuk membantu hustler dalam bertahan, mengontrol bola, dan mengatur serangan.
  3. Sidelane : Pemain di posisi sayap yang bertugas sebagai penghubung antara serangan dan pertahanan tim. Butuh stamina lebih untuk sidelane karena sangat bisa diandalkan untuk membantu pertahanan dan melakukan serangan balik.
  4. Frontliner : Pemain yang posisinya paling dekat dengan pertahanan lawan. Pemain dengan akurasi lemparan dan tendangan terbaik akan sangat cocok bermain di posisi ini.

Durasi Permainan

Dalam kompetisi resmi, Fullball dimainkan dalam 2 babak dengan durasi masing-masing babak selama 20 menit, tidak termasuk waktu tambahan. Untuk fun game diperbolehkan untuk bermain 10 menit saja per babak.

Aturan Umum Permainan

Berikut adalah aturan umum istilah yang ada dalam permainan Fullball:

Tip off : Permainan dimulai dengan kedua tim berdiri di area masing-masing, kemudian wasit akan melempar bola dari titik tengah lapangan dan setiap pemain depan harus merebut bola diudara dengan cara di-tip untuk diambil oleh teman 1 tim.

Lemparan ke dalam : Bola yang keluar dari sisi kanan atau kiri lapangan dapat dimainkan kembali dengan melempar ke dalam lapangan.

Lemparan sudut : Bola yang dilemparkan ke dalam lapangan dari pojok lapangan.

Lemparan bebas : Hadiah untuk pelanggaran di dalam lapangan, di luar hand zone. Posisi lemparan dari titik dimana pelanggaran dilakukan oleh tim lawan.

Tendangan penalti : Hadiah untuk pelanggaran di dalam hand zone. Ada 2 pemain yang bertugas untuk mengeksekusi; pelempar penendang. Pelempar bertugas melemparkan bola ke penendang dari titik yang sudah ditentukan di sisi sebelah kiri atau kanan lapangan. Penendang bertugas untuk menendang bola yang dioper oleh pelempar dari titik penalti di tengah lapangan.

© Copyright 2023 RING BASKET | BOLA BASKET - All Rights Reserved