Mengenal Senam Aerobik, Pengertian, Gerakan Dan Manfaat Senam Aerobik

Senam aerobik adalah olahraga yang menggabungkan gerakan gerakan dinamis dengan iringan musik. Aerobik berasal dari kata aero yang berarti oksigen, sehingga senam aerobik ini dapat diartikan sebagai senam yang menggunakan oksigen. Senam aerobik telah menjadi pilihan populer bagi banyak orang yang ingin menjaga kebugaran fisik dan kesehatan secara menyenangkan.

Secara umum, senam aerobik adalah olahraga yang bermanfaat untuk meningkatkan fungsi jantung dan pernapasan. Jadi, senam aerobik sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung, otak, paru-paru, tubuh, dan pikiran kita.

Pengertian Senam Aerobik

Pengertian Senam Aerobik

Seperti yang disebutkan sebelumnya, senam aerobik adalah senam yang menggabungkan gerakan gerakan dinamis dengan iringan musik dalam durasi waktu tertentu. Sebelum melakukan senam aerobik, dianjurkan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu. Pemanasan bisa dilakukan selama 10 menit dengan cara seperti mengayunkan kedua tangan, peregangan dan gerakan pemanasan lainnya.

Gerakan Senam Aerobik

Gerakan gerakan senam aerobik didesain untuk melibatkan banyak otot tubuh secara bersamaan. Berikut ini adalah beberapa gerakan senam aerobik beserta penjelasannya:

Knee up

Knee up adalah gerakan senam aerobik yang dilakukan dengan cara mengangkat lutut sampai pinggang, lalu posisi tungkai atas sejajar dengan lantai, sementara tungkai bawah tegak lurus. Saat melakukan gerakan ini, kaki bisa dalam posisi flek atau tertekuk.

Marching

Gerakan ini adalah gerakan berjalan di tempat dengan mengangkat kaki setinggi betis serta lutut ditekuk dalam posisi tegak lurus 90 derajat. Gerakan ini adalah gerakan yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung tanpa menggangu persendian.

Jogging

Jog atau bisa disebut juga jogging adalah gerakan lari ditempat yang dilakukan dengan cara menekuk kaki ke arah bokong, lalu menghadapkan lutut ke lantai secara tegak lurus.

Single Step

Single step merupakan teknik gerakan yang mengharuskan pesenam melangkahkan kakinya ke kiri atau kanan sebanyak 1 langkah. Gerakan ini diakhiri dengan menyentuhkan kedua bola kaki, merapatkan lutut, serta memastikan bagian tersebut menghadap ke depan.

Double Step

Mirip dengan single step, double step merupakan teknik gerakan yang menuntut pesenam untuk melangkahkan kaki ke kiri atau ke kanan. Bedanya, gerakan ini dilakukan sebanyak dua langkah untuk tiap-tiap arah.

Baca Juga :

Jumping Jack

Jumping Jack adalah gerakan yang dilakukan dengan cara berdiri dan kaki lurus, serta lengan ke samping. Selanjutnya, lompat dan rentangkan kaki hingga selebar pinggul sambil membawa lengan di atas kepala, hampir menyentuh. Berikutnya lakukan lompatan lagi, turunkan lengan dan satukan kedua kaki hingga kembali ke posisi awal. Lakukan secara berulang.

Lunge

Lunge adalah gerakan yang dilakukan dengan cara berdiri rendah dengan membuat dua kaki berjarak dan menjadikannya sebagai tumpuan penerima beban berat tubuh.

Manfaat Senam Aerobik

Manfaat Senam Aerobik

Dengan berbagai gerakan yang ada di senam aerobik, senam ini memiliki manfaat bagi kesehatam tubuh yaitu.

  1. Menjaga berat badan
  2. Menjaga kelenturan tubuh
  3. Meningkatkan daya ingat
  4. Melancarkan peredaran darah
  5. Menjaga sistem imun tubuh
  6. Meningkatkan kualitas tubuh

Selain memberikan manfaat kesehatan fisik, senam aerobik juga memiliki sejumlah manfaat psikologis seperti mengeluarkan hormon edorfin yang membuat suasana hati jadi senang, dan juga dapat menjadi sarana sosialisasi dan menjalin hubungan dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama.

© Copyright 2023 RING BASKET | BOLA BASKET - All Rights Reserved